Monday, September 2, 2013

ADA CERITA (19)

NYANYIAN HATI
Oleh : Oesman Doblank

SEMBILAN BELAS


         Mirna diam. Entah karena kesulitan menjawab, entah karena  tak ingin penjelasannya malah dianggap mengada-ada dan akhirnya berkembang ke hal yang tak diinginkan. Marwan sendiri, tak lantas bicara. Ia pun memilih untuk ikut diam. Agar dari mulutnya tak keluar kalimat yang membuat isterinya merasa tersudut atau tertekan. Juga berusaha menjaga sikap, agar dari dirinya tak muncul ekpresi yang bisa membuat Mirna tersinggung atau membuat dirinya semakin merasa ter tekan.  
        “Oke, mama salah dan atas kesalahan yang mama perbuat, mama minta maaf,” akhirnya, setelah bebe rapa menit saling diam dan hanya saling tunggu, Mirna yang terlebih dahulu membisu, kembali bersuara.
        Marwan menarik nafas lega
        “Syukur mama merasa bersalah dan mau minta  maaf. Abang sudah  memaafkan. Seka rang, tolong dengar baik-baik. Jika ngerumpi atau bergibah itu, tidak dilarang oleh Allah, abang juga mau  melakukannya, ma. Sebab, ngerumpi itu nikmat. Bergibah itu, sering bikin kita jadi enjoi. Dan, membicarakan aib orang lain itu, memang sangat mengasyikkan.
        Hanya, Allah melarang kita bergibah. Me larang hambanya memakan daging saudaranya sendiri. Itu sebabnya, bergibah, ditetapkan seba gai perbuatan yang tidak disukai oleh Allah. Ja di, bukan abang yang tidak suka. Abang juga hobi, Mir. Hanya karena kita harus taat pada aturan agama, harus konsinten dan konsekwen, mau tak mau kita harus taati peraturan yang su dah ditetapkan oleh Allah.
    . Munafik, namanya, jika kita mengaku ber iman pada Allah, tapi tetap melanggar larangan Allah. Munafik namanya, jika kita mengaku beriman, tapi malah sengaja tak mau melaksa nakan perintah yang sudah ditentukan oleh Allah. Mama bisa, kan, mengerti dan me maha mi, mengapa hal ini perlu saya kemukakan  ?“
         Mirna diam. Langsung memandang Mar wan dengan tatapan marah. Agaknya, ia tak su ka mendengar nasehat yang baru saja disam paikan suaminya. Marwan bukan tidak kesal. Kepalanya saja, langsung terasa cenat-cenut. Meski  ia segera membalas tatapan isterinya de ngan tatapan yang lebih tajam, Marwan beru saha untuk tetap rasional. Kepalanya boleh panas, boleh cenat-cenut. Tapi hatinya harus selalu dingin. Kalau perlu, lebih dingin dari ba tu es
         Marwan, ingin Mirna yang biasanya ba wel, banyak bicara, bersedia membahas atau menyimpulkan apakah ia baru mendengar penje lasan yang benar atau sebaliknya Bukan malah kembali diam lalu menatap dengan marah .
         Bukankah Mirna mengaku sudah dewasa? Mestinya, pria atau wanita yang sudah dewasa, bisa bersikap fair dan sanggup menghadapi aki bat, dari suatu sebab yang telah ia perbuat.
         Tapi, Mirna malah memperlihatkan si kapnya yang sama sekali tidak menunjukkan di rinya sebagai isteri yang berani berbuat salah ta pi berani bertanggung  jawab. Dijelaskan ten tang larangan bergibah, malah bersikap aneh. Mestinya, jika tidak suka diarahkan ber dasar kan petunjuk kebenaran—bukan petunjuk Marwan, yaa, jawab tidak suka. Atau, sebaliknya




Bersambung……

0 komentar:

Post a Comment