Sunday, July 14, 2013

MUDIK APA NGGAK MUDIK YAA?

oleh : Oesman Doblank


           KALAU ngeliat Bejo lagi bingung ples pusing, kasiiiiiiiiiiian banget. Soalnye, gak disapa kuatir dibilang sombong dan nggak punya kepedulian sama friend. Tapi, kalau disapa, biasanya dia malah ngambek. Nah, kalau Bejo udeh ngambek, kayaknye ngerepotin. Soalnya, die pasti langsung nraktir. Semisal lagi nggak punya doku, Bejo rela ngejual ape aje supaya bisa mengekpresikan ngambeknye dengan mentraktir.
          Terakhir, Bejo ngejual BBnya karena waktu die ngambek, Emon nyang lagi lapar sengaja negor. eeeeh. meski kepengen makan, Emon jadi malah repot. Soalnye, traktiran Bejo juga ngerepotin. Gimane nggak ngerepotin kalo semua yang die beli mesti diembat abis. Kalau nggak diabisin, die ngancem, nggak akan mau ngambek lagi dan itu berarti Bejo nggak bersedia nraktir lagi.
         Tapi, sekarang eni, Emon malah bingung. Soalnya, Bejo kelihatan bingun lantaran pusing bukan di bada Maghrib. Tapi, pas baru Dzuhur. Syet, dah, nggak mungkin donk kalau lagi puasa mesti buka, lantaran kalau negor Bejo dia pasti nraktir dan die nggak peduli apakah di bulan Ramadan atau bukan bulan puasa.
         Makanya, Emon ambil keputusan kagak mau negor Bejo.
         Apa yang terjadi? Yaa, begitulah, tanpa tedeng aling aling Bejo nuding Emon sebagai seseorang yang somse sekali dan kagak punya kepedulian.
         " Sampeyan kalau nggak mau berkawan dengan saya, bilang aja terus terang," ujar Bejo
         " Siapa yang tidak mau berteman dengan kamu lagi," sahut Emon yang terpaksa nyetop langkah lantaran Bejo memperlihatkan hasrat memprotes dirinya
         " Buktinya, kamu sudah tidak negur saya lagi. Padahal, saya berdiri di sini dan kamu pasti melihat dengan jelas sosok saya. Jadi, salahkah kalau saya bilang kamu somse sekali?"
        " Yaa udah," kata Emon, yang nggak mau menyinggung perasaan Bejo yang mulai sensi
          "Sekarang, apa yang harus saya lakukan agar sampeyan tidak kelihatan bingung dan cepet cepet bebas dari pusing"
        " Saya ini, kan punya kampung halaman. Meski di kampung, rumah saya nggak punya halaman, kan kampung halaman nggak boleh dilupakan. Jadi, bagaimana caranya agar saya bisa tidak pulang tapi bisa bebas dari keinginan ketemu sama orangtua dan keluarga saya?"
       Mendengar hal ini, Emon jelas kaget
       "Heii biasanya kan kamu pulang. Hari raya kali ini pun harus menjenguk kampung halaman. Bagaimana coba, kalau yang rindu sama kamu selain orangtua dan keluarga kamu, juga kampung halaman kamu. Memangnya kamu tidak iba pada kampung halaman yang merindukan kamu." tukas Emon
      "Iyaa.. tapi saya sedang belum punya duit. Bulan ini juga belum tentu gajian, lantaran perusahaan tempat saya bekerja sedang jatuh pailit. Sedangkan kalau saya berleberan di kampung, nggak mungkin bisa hepi kalau bokek"
       "Jadi?" Emon Tercengang.
       "Kamu sedang tidak punya duit tapi kepingin lebaran di kampung dan untuk itu hari gini kamu sudah bingung?"
      " Lhooo... kapan lagi saya harus bingung? Kalau bingungnya pas dekat dengan lebaran, kan makin membingungkan karena makin sulit cari jalan ke luar. Jadi, saya sudah memutuskan untuk bingung sekarang. Pertama, agar kamu bersedia membantu. Kedua, agar kamu memberi solusi supaya di saat hari raya saya bisa berlebaran di kampung, bersama sanak saudara dan kerabat di sana"
      " Hadddduuuuuuuh...Bejooo.. Bejoooo... Saya ini bukan motivator atau pemberi solusi terbaik. Lagian, kamu kan tau, saya sudah tiga bulan nganggur, dan selama nganggur cuma ngojek. Jadi, bagaimana mungkin saya bisa membantu," Emon terpaksa harus berterus terang
      Bejo menarik nafas.
      Penulis menarik kesimpulan untuk berlanjut di bagian dua   










0 komentar:

Post a Comment