Wednesday, July 31, 2013

ADA CERITA (2)

NYANYIAN HATI
Oleh : Oesman Doblank


DUA



            “Saya tidak suka pernikahan saya diwarnai oleh pesta super meriah. Apa hebat dan apa manfaatnya bagi saya jika harus ikut-ikutan mensupport gaya hidup yang tak diperintahkan dan hanya mengandung kesan mubazir. Pokoknya, saya hanya ingin menikah dengan tata cara  yang sesuai dengan perintah agama.”
           Marwan yang tentu saja tidak setuju dengan rencana calon mertuanya, malah kelihatan tidak kikuk mengungkapkan ketidak-setujuannya. Malah, ia berani bicara lebih tegas lagi. 
           “Pokoknya, hanya ada pengantin, ada mahar, ada saksi ada wali dan ada akad nikah yang sakral. Selebihnya, doa dan makan bersama dengan kesederhanaan yang bersahaja. Jika lebih dari itu, lebih baik saya  tidak jadi menikah “
            Tentu saja, pak Karim, sang calon mertua tidak terima. Hanya, pak Karim masih bisa mengendalikan emosinya. Ia tidak menanggapi dengan sikap yang berlebihan.
            “Kamu jangan berfikir tidak logis. Perkawinan meriah itu, tak cuma hal biasa dan sama sekali tak terkait dengan mubazir, Marwan. Saat ini,  hampir setiap orang malah berpikir lebih baik menjadikan hal terpenting dan terindah dalam hidup anak-anaknya, sebagai momen tak terlupakan timbang harus diabaikan dan akhirnya hanya berlalu tanpa kesan.
            Untuk itu, para orangtua lebih rela menghabiskan uang puluhan atau ratusan juta daripada harus menghabiskan energi karena  terkuras untuk memikirkan bagaimana caranya mengantisipasi dan mengatasi gunjingan tetangga atau saudara, yang mengecilkan dan menganggap remeh, karena orangtua tak mampu memadukan momen perkawinan anaknya yang hanya sekali seumur hidup dengan sebuah pesta yang meriah “
            Pak Karim yang sudah merancang pesta meriah untuk perkawinan Mirna, putrinya yang akan dilamar Marwan, tentu saja kesal. Bagaimana mungkin tidak, jika Marwan, calon menantunya, malah memberi  ide yang bertolak belakang dengan  kemauan dan gagasan pribadi pak Karim, yang dianggapnya hebat.
             Terlebih, pak Karim sudah beberapa kali berkonsultasi dengan boss sebuah event organize yang juga dikenal sebagai pakar pesta pernikahan. Dan ia merasa puas, karena gagasannya tak hanya dianggap hebat. Tapi, sekaligus dianggap lebih brilian dan lebih maju puluhan langkah dibandingkan dengan ide orangtua lainnya, yang pernah jadi kliennya, dan mereka juga ingin memeriahkan pernikahan anak mereka dengan sebuah pesta yang kesannya harus wah dan selalu berpesan tak ingin secuilpun pestanya malah menimbulkan kesan weh..weh weh payah..
              Malah, boss event organizer yang mengaku sangat berpengalaman menangani acara pernikahan, menilai, baru kali ini ia bertemu dengan klien, yang menunjukkan rasa cinta dan perhatian sedemikian mendalam pada anaknya. Dia bilang. baru pak Karim yang mampu memberi gagasan yang menurut dia tak sekedar hebat. Tapi sekaligus lebih cemerlang dari berbagai hal yang oleh banyak orang dinilai sebagai sesuatu yang gemilang
            Biasanya, kata boss event organizer yang mengaku tulus dalam menilai, seluruh kliennya, datang hanya membawa kesanggupan membayar tapi tidak sanggup memberi ide. Malah, tidak sedikit, yang baru bisa mengaku mengerti setelah dijelaskan berkali-kali
            Coba, gimana pak Karim tidak kesal? Boss EO yang pengalaman dan berkharisma, serasa ikhlas memuji dirinya. Eeh, Marwan yang statusnye baru sebatas calon mantu, malah meremerhkan dan sama sekali tidak menghargai ide idenya.
              Calon mertua mana yang tidak kesal jika dibegitukan oleh calon mantunya? Busyet deh.



Bersambung…..

0 komentar:

Post a Comment