Tuesday, June 11, 2013

CERITAKU-CERITAMU (1)

JALAN MASIH PANJANG
Oleh : Oesman Doblank

SATU

KOMENG memang tak pernah punya cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil. Tapi ketika perjalanan hidup mengantarkan dirinya mendaftar jadi PNS, jelang ujian tak hanya berusaha menambah wawasan. Komeng juga selalu memohon kepada Sang Khalik agar ia bisa menempuh perjalanan yang akan dilaluinya dengan baik, dan tetap dalam lindungan dan berkah Tuhan..
Komeng yakin, setiap usaha akan menghasilkan dan setiap doa pasti dikabulkan. Untuk itu, Komeng sama sekali tak berminat mencari jalan lain selain tetap banyak membaca dan menyerahkan segalanya pada keputusan Tuhan. Karena keyakinan nya, Komeng tak menyalahkan Badrun  yang mengang gap ia bodoh, lantaran malah menolak saat diajak un tuk menghubungi seseorang yang bisa membantu  me luluskan dan meloloskan siapa saja yang berminat jadi PNS.
“ Aku bingung dan sama sekali tak memahami jalan pikiranmu “
“ Bingung ? Badrun..Badrun..kau pikir aku tak bingung dengan jalan pikiranmu?” 
Badrun terlolong lolong.
“ Jutaan orang di negeri ini justeru berpikiran sepertiku, Meng.Eh, maaf, yang benar, aku melakukan hal ini karena jika tidak mengikuti jejak jutaan orang di negeri ini, tak mungkin bisa lulus dan jadi PNS”
“ Karena itu kau malah lebih siap dan rela menyogok ?”
“ Aku melakukannya bukan lantaran siap atau rela, Meng.Tapi budaya yang berkembang sejak orde baru mengharuskan siapapun untuk patuh dan taat pada peraturan main. Jika tidak, mana mungkin bisa jadi PNS?”
“ Untungnya, aku mendaftar bukan untuk jadi PNS. Tapi, sebatas ikut test.Jika lulus, jelas aku bersyukur. Jika gagal, toh bisa jadi pegawai swasta
Atau berwira-swasta. “
Badrun hanya bisa mengerutkan kening. Ia me rasa tak bisa lagi membujuk Komeng agar berkenan mengikuti jejaknya. menelusuri jalan pintas. Meski un tuk itu  harus menyiapkan sejumlah uang untuk melan carkan dan mewujudkan harapan, ia yakin, hanya cara itulah yang bisa membuatnya jadi PNS.


Bersambung..............
            

0 komentar:

Post a Comment