Wednesday, May 8, 2013

CERITA BERSAMBUNG (28)


MASIH ADA JALAN
                                              oleh : Oesman Doblank

DUA PULUH DELAPAN

“Emang, keluarga boss ada yang sakit? Anak atau isteri, boss ?”
“Gue, kan masih jomblo, bang “
“Boss masih jomblo. Kalau begitu, yang sakit, jika bukan orangtua pasti kakak atau adik nya, boss “
“Maksud gue, begini, lho, bang. Gue tuh, kan ngontrak dua tahun. Kalau gue ambil yang disebelah, kan, mesti bayar empat belas juta. Nah, kalau yang ini, kan , cuma enam juta. Jadi, gue tuh ngirit delapan juta, kan ?”
“Kalau hitungannya begitu, memang benar, bisa ngirit delapan juta, boss. Berarti masih bisa bayar biaya rumah sakit keluarga boss yang lagi dirawat “
“Gue tuh nggak punya keluarga yang lagi dirawat di rumah sakit, bang. Ngaco aja, lu ?”
“Ngaco gimane, boss. Kan, barusan, boss sendiri yang bilang, nggak cukup buat bayar rumah sakit “
“Yang lu bilang, emang nggak salah, bang. Cuma, maksud gue begini. Kalau gue ambil rumah kontrakan sebelah, berarti gue bayar empat belas juta. Kalau yang ini, kan, cuma enam juta. Berarti gue bisa irit delapan juta. Naah, maksud gue, duit yang bisa gue irit, yang jumlahnya delapan juta, mau gue pakai buat …enaknya buat apa, ye, bang ?”“
“Buat renovasi kan, bisa, boss. Jadi, nih rumah, walau masih asli, bisa lebih enak dipakai “
“Soal renovasi nggak usah lu pikirin, bang. Itu urusan gue. Gimana kalau gue pakai buat. “
“Beli perabotan, boss. Jadi, perabotan boss, baru semua. Oke, punya, tuh, boss ?”
“Kayaknye, lebih oke kalau gue pakai buat bayar biaya rumah sakit isteri lu, deh, bang “
Sadar, tercengang. Ia seperti tidak percaya mendengar kalimat yang baru saja terucap dari mulut Bondan. Padahal, sangat jelas tak mungkin tidak terdengar.
“Yee, gimana juga, sih, lu, bang. Apa nggak boleh, kalau gue mau membantu meringankan be ban lu bayar biaya rumah sakit. Tadi, lu bilang isteri lu lagi dirawat, kan ?”
“Be..benar, boss. Cu..cu.. Cuma Astagfirul lah Haladziem. Subhanallah Alhamdulillah Hi robbil ‘Alamin. Boooosss, terima kasih, boss. Terima kasih, Yaa Allah, hari ini, begitu banyak rezeki yang kau limpahkan pada hamba, Tengkyu Allah. Tengkyu ”
Sadar langsung sungkurkan kepalanya, Ia bersujud ke lantai, bersyukur. Tangisnya pecah. Tangis haru, tangis bahagia. Bondan, membuka tas yang tergantung, diikat dipinggangnya. Meng ambil uang. Menghitung. Ia membiarkan Sadar sesenggukan. Baru berhenti setelah Bondan usai menghitung uang dan mengangkat tubuhnya.
“ Bang…tolong terima uang ini, yaa. Tolong gunakan untuk bayar rumah sakit, agar isteri dan anak abang bisa cepat dibawa pulang. Ingat yaa, bang. Gue cuma bisa bantu buat bayar rumah sakit. Bukan buat foya-foya. Gunakan baik-baik, ya, bang “
“Alhamdulillah yaa Allaaah. Eng kau me mang Maha Suci. Maha Besar. Saat hambamu bi ngung, kau datangkan boss yang baik hati untuk menolong hamba. Terima kasih banget, boss. Terima kasih “
Bondan tidak menggubris
“Duitnya, tolong cepat diambil, bang. To long hitung, kalau kurang dari delapan juta, bi lang aja. Setelah abang hitung, simpan baik-baik. Kalau abang sudah tenang, kita segera cari mes jid. Kita shalat Dhuhur. Abang imam saya mak mum, yaa?”
“Iya, iya, eh, nggak boss. Boss saja yang jadi imamnya. Saya jadi makmumnya. Soalnya, saya lagi terharu. Takut, nanti terus nangis, malah sho lat saya jadi nggak konsen “
“Yaa, sudah, abang jangan buang air mata terus. Nanti, kalau habis, kan susah belinya. Percuma punya duit kalau kita nggak punya air mata “



Bersambung.......



































<script type="text/javascript">

  var _gaq = _gaq || [];
  _gaq.push(['_setAccount', 'UA-41008897-1']);
  _gaq.push(['_setDomainName', 'sketsadanpantun.blogspot.com']);
  _gaq.push(['_setAllowLinker', true]);
  _gaq.push(['_trackPageview']);

  (function() {
    var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true;
    ga.src = ('https:' == document.location.protocol ? 'https://' : 'http://') + 'stats.g.doubleclick.net/dc.js';
    var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s);
  })();


</script>

0 komentar:

Post a Comment